Diskarpus Depok Gelar Seleksi Naskah Inkubator Literasi

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Diskarpus) Kota Depok bekerjasama dengan Perpustakaan Nasional RI (Perpusnas RI) menggelar Seleksi Naskah Inkubator Literasi Pustaka Nasional Kota Depok.

Kegiatan ini bertujuan guna menguatkan budaya literasi masyarakat.

Read More

Kepala Diskarpus Kota Depok, Siti Chaerijah menuturkan, seleksi naskah ini juga, menggali, mendokumentasikan dan mengembangkan khasanah kearifan lokal dalam bentuk karya tulis, yang nantinya berguna dalam menambah koleksi bahan Pustaka tentang Kota Depok.

Tema yang dipilih yaitu Representasi Kearifan Lokal  di Tengah Modernitas Kota Depok.

“Sasaran kegiatan ini bersifat umum dengan tema yang sudah ditetapkan. Dari tema besar yang ada, terdapat sub tema yang bisa dipilih oleh peserta.

Antara lain Penguatan Produk dan Gagasan Kearifan Lokal di Depok, Integrasi Nilai Kearifan Lokal dan Modernitas di Depok,  Pentingnya Eksistensi Kearifan Lokal di Era Pendidikan 4.0 dan Meneropong Geliat Industri Kecil dan Ekonomi Kreatif Berbasis Budaya di Depok,” dilansir situs resmi Kota Depok.


Siti menjelaskan, ketentuan karya berupa artikel dengan panjang tulisan 1000-2000 kata dengan mencantumkan referensi dalam bentuk catatan kaki dan mencantumkan sumber ilustrasi bila ada. Lalu, tulisan orisinil dan belum pernah dipublikasikan.

“Seluruh tulisan yang diikut sertakan dalam lomba menjadi tanggung jawab sepenuhnya dari peserta. Panitia tidak bertanggung jawab atas segala bentuk tulisan, baik dari gambar atau ilustrasi maupun isi konten tulisan,” jelasnya.

Lebih lanjut, ucapnya, untuk mekanisme kompetisi, peserta merupakan warga yang memiliki KTP Kota Depok. Lalu, peserta mengisi dan mengirim formulir pendaftaran melalui link: bit.ly/depokmenulis.

“Untuk format tulisan yang diunggah harus dalam bentuk doc atau pdf. Sebanyak 15 finalis dipilih dan ditentukan oleh panitia berdasarkan hasil seleksi naskah. Belasan naskah terpilih akan dibukukan oleh Perpusnas Press,” terangnya.

Ia menambahkan, pengumuman hasil seleksi akan dilakukan melalui surel. Kegiatan karantina diwajibkan untuk seluruh peserta terpilih (finalis) untuk menentukan juara dan penyempurnaan tulisan.

“Deadline Penulisan 26 Mei 2021, Pengumuman 15 Besar pada 29 Mei 2021, Karantina dan Pengumuman Pemenang 2-3 Juni 2021. Untuk info lebih lanjut dapat menghubungi kontak panitia melalui nomor whatsapp 081318438205,” pungkasnya.

Related posts



banner 300300