DKUM Depok Gelar Seminar Motivasi untuk Penggiat Koperasi

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok menggelar seminar perkoperasian di lantai 10 Gedung Dibaleka II. Kegiatan tersebut sebagai upaya mewujudkan koperasi modern di Kota Depok.

Kepala Bidang Pengawasan dan Bina Usaha pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Andi Kuswandi mengatakan, kegiatan ini digelar untuk memotivasi penggiat koperasi untuk semakin maju, modern dan menyejahterakan anggotanya. Selain juga mendorong koperasi agar dapat lebih besar lagi.

Read More

“Koperasi itu kecil kalau pengurus dan anggotanya berpikir kecil. Tapi jika berpikirnya bisa besar maka akan jadi besar. Caranya dengan membangun kepercayaan anggota dan masyarakat serta harus mau berubah dengan kondisi saat ini,” ujar Andi dilansir dari laman resmi Pemkot Depok.

Dikatakannya, selain seminar perkoperasian pihaknya juga sudah menyiapkan sejumlah upaya guna mendorong koperasi menjadi modern. Antara lain, melakukan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) pada bidang kelembagaan. Termasuk pelatihan uji kompetensi bagi pengelola koperasi juru tagih dan usaha retail.

“Di samping itu kita juga mendorong koperasi untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain. saat ini kita sudah kerja sama dengan Samsat Depok,” jelasnya.

Terakhir, ujar dia, saat ini ada 165 koperasi di Kota Depok. Terdiri dari sektor keuangan, perdagangan dan jasa angkutan.

Sedangkan target koperasi modern dalam satu tahun ada sekitar tiga hingga empat. Sebab itu sudah diatur dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

“Saya berharap ke depannya bisa memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi daerah. Serta mempu berperan dalam pengelolaan ekonomi lokal,” tutupnya.

Related posts



banner 300300