Gelar Media Gathering, Fraksi PKS Depok Ajak Media untuk Sinergi dan Kolaborasi

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Bertempat di JPW Cafe di kawasan GDC Cilodong, Fraksi PKS Depok menggelar acara Media Gathering (Ahad, 24 Juli 2022). Acara bertajuk “Sinergitas Legislatif dan Media, Bangun Depok Bersama” itu dihadiri sekitar 20 wartawan media cetak dan online, lokal dan nasional.

Ketua Fraksi PKS DPRD Depok Hafid Nasir mengucapkan terima kasih atas kehadiran wartawan dari media cetak dan media online. Hafid juga memperkenalkan para aleg yang hadir, yaitu Ade Firmansyah, Qurtifa Wijaya, Imam Musanto, Khairulloh, Sri Utami, dan Farida Rachmayanti. Selanjutnya, Pak Hafid, sapaan Hafid Nasir, mengharapkan bisa terjalinnya sinergitas dan kolaborasi dengan kalangan media yang ada Depok (PWI, Pokja, dan Balai Wartawan).

Read More

Tenaga Ahli Fraksi PKS, Adriyana Wira Santana, pada kesempatan itu memaparkan informasi seputar media kehumasan fraksi, seperti website resmi fraksi ( fpksdepok.id ), media sosial fraksi, buletin parlementaria, podcast fraksi, dan beragam informasi lain. Adriyana yang juga menjadi Koordinator Humas Fraksi PKS Depok itu, berharap kerjasama fraksi dan media, minimal dalam tiga hal, yakni rilis berita, liputan kegiatan, dan respon isu aktual. Untuk itu, tiap aleg Fraksi PKS Depok siap menjadi narasumber bagi media, dibantu tim humas fraksi, antara lain Hamdi ( untuk rilis berita ) dan Mahmud ( untuk dokumentasi foto kegiatan, profil aleg pks, dan lain-lain ).

Adriyana menambahkan, bahwa Fraksi PKS juga menggelar Hari Aspirasi, setiap hari senin. Warga dan Stakeholder Kota Depok yang ingin bertemu Fraksi PKS dapat mengajukan jadwal Audiensi atau Hearing (Dengar Pendapat) pada Hari Aspirasi tersebut. Selain itu, aspirasi warga dan stakeholder Kota Depok juga dapat diajukan melalui Formulir Aspirasi secara online ( https://fpksdepok.id/formulir-aspirasi )

Sementara itu, Windarto dari Suara Karya mengusulkan Fraksi PKS untuk lebih sering mengadakan diskusi yang (juga) melibatkan narasumber dari kalangan eksternal yang ahli di bidangnya, seperti membahas isu lingkungan. Sedangkan Hendrik Isnaini Raseikiy (Elshinta dan depoklestari.com) menyoroti tentang amanah yg harus dijalankan anggota parlemen, misalnya Jika ada masalah yang muncul harus segera ditanggapi.
Harusnya Fraksi PKS menjadi teman berdiskusi bagi Pemkot yang bisa saling mengkritisi. Anggota dewan maupun wartawan harus membangun daya kritis. Selain itu, Hendrik juga menekankan pentingnya membangun sinergi dan kolaborasi antara legislatif dan media.

Merespon masukan-masukan dari para jurnalis, Qurtifa Wijaya menyambut baik dan setuju usulan diadakannya diskusi dengan narsum dari eksternal, misalnya wartawan atau publik figur. Qurtifa juga mempersilakan wartawan untuk mengakses kontak para aleg lewat masing-masing atau tim Humas Fraksi. Aleg Fraksi PKS lainnya Khairulloh, mengaskan bahwa tugas aleg dan wartawan sama, yaitu mempunyai tanggung jawab moral dalam rangka membangun Kota Depok. Jika ada isu-isu miring tentang Depok, maka hal ini harus menjadi cambuk untuk mengkritisi hal tersebut.

Mengakhiri acara media gathering tersebut, Hafid Nasir menyatakan sepakat dengan masukan para wartawan dan perlu ada pertemuan yang intens antara keduanya. “Kami juga berharap teman-teman bisa menjadi kontrol sosial terkait apa yang terjadi di masyarakat dan menjadi cerminan masyarakat. Insya Allah dalam waktu dekat kami akan melakukan media visit ke PWI Depok,” pungkasnya.

Related posts



banner 300300