Implementasikan Kendaraan Listrik, Kadiskominfo: Depok Siap

  • Whatsapp
Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Depok, Sidik Mulyono/IST

WartaDepok.com – Diskominfo Depok menjadi salah satu narasumber kegiatan Webinar Kesiapan Implementasi Sistem Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) dan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik (SKPLU) di Kota Depok.

Webinar tersebut digelar Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Pemerintah Kota (Pemkot) untuk semakin memantapkan penerapan KBLBB.

Read More

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok, Sidik Mulyono mengatakan, Kota Depok siap mengimplementasikan sistem tersebut, seperti dari sisi infrastruktur jaringan dan regulasi. Selain itu, penerapan sistem KBLBB juga sejalan dengan pengembangan Smart City Depok.

Di antaranya smart living yang merupakan perwujudan misi pertama, yaitu upaya meningkatkan kualitas sarana dan prasarana yang berkualitas, aman, ramah, nyaman, terintegrasi, dan berkelanjutan.

“Karena ini mendukung dari sisi pencapaian misi pertama Kota Depok yaitu pembangunan infrastruktur berbasis teknologi dan berwawasan lingkungan. Jadi, ditambah juga program Smart City yaitu smart living untuk kenyamanan layanan, terutama transportasi,” jelasnya, usai Webinar Rabu (18/08/21).

Dikatakannya, Smart City telah dibangun sejak 2019. Kota Depok juga menjadi salah satu dari program gerakan menuju 100 kota cerdas  di Indonesia.

Dirinya menyatakan, untuk lebih memperkuat pelaksanaan, Peraturan Wali Kota (Perwal) terkait KBLBB juga akan dirancang. Mulai dari arah kebijakan hingga pembinaan dan pengawasan.

Dari sisi regulasi, tambahnya, Kota Depok juga telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2019. Yaitu tentang kota cerdas dengan uraian program, salah satunya pengisian baterai kendaraan listrik.

“Dengan itu kami telah perhitungkan pengembangan ke depannya. Termasuk mempertimbangkan stakeholder yang akan terlibat dari perangkat daerah, kementerian dan juga PLN,” tutupnya.

Related posts



banner 300300