HeadlineHumaniora

Ingat! Berikut Waktu Terbaik Donor Darah Saat Puasa

193
×

Ingat! Berikut Waktu Terbaik Donor Darah Saat Puasa

Sebarkan artikel ini
Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Dudi Mi'raz saat melakukan donor plasma darah, beberapa waktu lalu di UDD PMI Kota Depok.

WartaDepok.com – Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok Dudi Mi’raz mengajak seluruh masyarakat untuk mendonorkan darah.

Namun, terdapat waktu tertentu yang dianjurkan agar para pendonor tetap sehat serta bugar meskipun sedang melaksanakan ibadah puasa.

“Idealnya kalau ingin mendonorkan darah selama bulan Ramadan bisa di pagi atau sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Hal tersebut, agar pendonor tidak lemas dan tetap sehat,” ujarnya, Jumat (24/03/23).

Masyarakat bisa meningkatkan kesadaran untuk membantu sesama dengan mendonorkan darah ke PMI Kota Depok.

Terlebih saat bulan Ramadan, karena Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah mengeluarkan fatwa yang menyebutkan donor darah tidak membatalkan puasa.

“Bentuk sedekah bukan hanya materi, tetapi bisa juga dengan meningkatkan kepedulian sesama, contohnya sumbang darah,” terangnya.

“MUI juga sudah buat fatwa, bahwa donor tidak membatalkan puasa, seharusnya itu yang menjadi landasan untuk donor di bulan puasa. Hanya mungkin, waktunya saja yang diatur,” tuturnya.

Untuk masyarakat yang ingin mendonorkan darah, bisa mendatangi Markas PMI Kota Depok, di Jalan Boulevard Raya, Grand Depok City (GDC). Jam operasionalnya masih sama dengan hari biasa yaitu pukul 08.00 – 20.30 WIB.

“Bagi warga yang ingin mendonorkan darahnya, bisa datang di jam tersebut ke Markas PMI Kota Depok,” ujarnya.

“Maka besar harapan kami, masyarakat mau datang langsung dan secara sukarela mendonorkan darahnya,” pungkasnya.

BACA JUGA:  Perlu Dicontoh, BRI Kramat Jati Salurkan CSR ke Masjid Al-Amin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *