Ini Harapan Pradi Supriatna Untuk UMKM di Depok

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), menjadi perhatian Calon Wali Kota Depok Pradi Supriatna.

Tak bisa dipungkiri, Kota Depok memiliki banyak UMKM, mulai dari kuliner hingga fashion. Bahkan, beberapa produk UMKM Depok pernah terjual hingga keluar negeri.

Read More

“Artinya produk UMKM Depok mampu mendobrak pasar Nasional hingga Internasional. Produk yang dirasa unik dan bermanfaat, bagi warga asing pasti disukai. Contoh seperti rajut, dibuat baju, tas, atau pernak pernik lain,” kata Pradi, Selasa (13/10).

Pengembangan UMKM juga masuk dalam program unggulan Pradi yang berpasangan dengan Afifah Alia di Pilkada Depok 2020 ini.

“UMKM ini menjadi roda perputaran ekonomi bagi pelaku usaha. Jika mengolah produk hingga kemasannya dengan baik, saya yakin bisa tembus ke pasar internasional,” tukasnya.

Sementara itu, Ketua Sohib Bang Pradi, H.S Purnomo menyatakan, saat ini sejumlah kios-kios UMKM di beberapa tempat di Kota Depok banyak yang belum maksimal dimanfaatkan. Bahkan, kata dia, tidak sedikit kios UMKM yang terbengkalai dengan begitu saja.

“Ini sangat kita sayangkan, padahal untuk membangun kios-kios (UMKM) itu anggaran yang dikeluarkan tidak sedikit,” kata Purnomo.

Karena itu, kata Purnomo, jika nantinya terpilih menjadi wali dan wakil wali Kota Depok, pasangan Pradi-Afifah akan fokus membenahi UMKM, sehingga ekonomi pelaku usaha meningkat.

Caranya, jelas Purnomo, dengan memberikan pendampingan dan pembinaan, memperbaiki manajemen administrasi dan tata kelola, serta melatih para pelaku usaha tentang bagaimana menjalankan kewirausahaannya.

“Jika memang dibutuhkan, para pelaku UMKM ini akan kita berikan akses pembiayaan dan akses pasar, sehingga mereka akan prospektif dalam menjalankan usahanya,” ujarnya

Lebih lanjut Purnomo mengatakan, agar nantinya terwujud akselerasi kapasitas usaha dan perluasan pasar produk UMKM-nya, maka akan diberikan fasilitas temu bisnis dan konsultasi bisnis.

Hal tersebut, tegas dia, bertujuan untuk memberikan apresiasi dan menggalang komitmen dalam rangka mengembangankan kewirausahan para pelaku UMKM.

“Dengan upaya tersebut, para pelaku UMKM kami yakini akan benar-benar prospektif dalam menjalankan roda usahanya,” tandasnya.(mia/WD)

Related posts