Jelang Ramadhan, Ketua MUI Depok Ajak Umat Islam Perbanyak Dzikir

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Depok, KH Ahmad Dimyati Badruzzaman mengajak seluruh umat Islam agar mempersiapkan diri menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1442 H.

Ahmad Dimyati menjelaskan secara khusus apa-apa saja yang harus disiapkan dalam menyambut datangnya bulan terbaik dari seluruh bulan. Dia pun menjelaskan lewat beberapa Hadist Sahih tentang puasa.

Read More

“Barangsiapa yang menghidupkan (berdiri menunaikan shalat) bulan Ramadhan dengan penuh keimanan dan mengharap ampunan Allah, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. al-Bukhari dan Muslim),” kata Ahmad Dimyati.

Ahmad Dimyati mengajak seluruh umat Islam untuk melaksanakan ibadah puasa, beserta seluruh amal ibadah pada siang hari serta menghidupkan malam-malam Ramadan.

“Caranya dengan melaksanakan shalat tarawih, witir, tadarus al-Qur’an, shalat tahajud, memperbanyak zikir, dan berdoa kepada Allah SWT untuk keselamatan bangsa dan negara dari wabah virus Covid-19,” paparnya.

Ahmad Dimyati juga menyebut kegiatan ibadah Ramadhan tetap wajib mematuhi protokol kesehatan seperti sebelum memasuki masjid harus menggunakan masker, membawa sajadah dan mencuci tangan dengan air mengalir menggunakan sabun.

Dia juga menjelaskan, setiap Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) wajib semaksimal mungkin untuk menyediakan fasilitas yang berkaitan dengan Protokoler Kesehatan seperti ketersediaan air bersih, sabun, hand sanitizer, dan masker bagi jamaah yang tidak mengenakannya, serta secara rutin membersihkan lantai masjid setiap hari.

Bagi lansia, anak-anak atau yang kondisi fisiknya sedang tidak bagus kata Ahmad, diharap melaksanakan ibadah Ramadhan cukup dirumah, tidak perlu ke masjid atau mushala. Hal itu dilakukan demi kemaslahatan bersama.

Ahmad juga mengimbau kepada masyarakat Kota Depok agar tidak membakar mercon dibulan Suci Ramadhan, baik saat Umat Islam sedang melaksanakan Ibadah sholat tarawih, tadarus alquran atau waktu ibadah-ibadah lainnya.

“Khusus kepada seluruh umat Islam Kota Depok, marilah berusaha untuk meninggalkan perbuatan maksiat sekecil apapun serta memperbanyak istighfar dan bertaubat memohon ampunan Allah SWT,” pungkasnya.

Related posts



banner 300300