Jumantik Depok Jaya Rutin Pantau Jentik Nyamuk

  • Whatsapp
Ilustrasi chikungunya/Shutterstock

WartaDepok.com – Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Kelurahan Depok Jaya rutin melakukan pemantauan jentik nyamuk setiap pekan. Pemantauan dilakukan dari rumah ke rumah guna melihat pertumbuhan larva nyamuk, sekaligus menetapkan langkah-langkah yang akan diambil ke depannya.

“Kegiatannya rutin tiap Jumat secara bergilir, pemeriksaan 30 rumah sebagai sampling di setiap RW,” kata Lurah Depok Jaya, Herliana dilansir melalui laman resmi Pemkot Depok.

Read More

Herliana menyebut, berdasarkan laporan dari kader Jumantik masih ditemukan adanya jentik nyamuk di tujuh rumah atau sekitar 76 persen dari total sampling yang diambil. Namun, imbuhnya, angka ini masih di bawah ambang batas presentase normal apabila ditemukan jentik nyamuk di suatu wilayah.

“Normalnya 92 persen, kami masih di bawahnya. Saat ditemukan jentik nyamuk kami langsung tindaklanjuti dengan membuang air yang tergenang saat itu juga,” ucapnya.

Dikatakannya, cuaca di Kota Depok terus berubah setiap harinya, terkadang hujan dan panas. Oleh sebab itu, dirinya meminta masyarakat untuk mewaspadai penyebaran Demam Berdarah Dengue (DBD).

“Berdasarkan info yang kami terima ada satu kasus DBD per 7 Januari 2022, Alhamdulillah sudah tertangani. Saya berharap masyarakat lebih sadar akan kebersihan, dengan rajin membersihkan bak mandi, hingga menutup genangan-genangan air yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk,” pungkasnya.

Related posts



banner 300300