Kali Pesanggrahan akan Disisir Damkar Depok Pasca Ditemukan Buaya

  • Whatsapp
Buaya yang ditemukan di Kali Pesanggrahan akan dipelihara di Rutan Cilodong, Kota Depok. (M. Irwan Supriyadi/WartaDepok.com)

WartaDepok.com – Pasca tertangkapnya seekor buaya di Kali Pesanggrahan, wilayah Kecamatan Sawangan, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok, Jawa Barat akan melakukan penyisiran di kali tersebut.

Tindakan itu guna memberikan rasa aman bagi masyarakat pinggir Kali Pesanggrahan dikhawatirkan ada buaya lagi di kali tersebut.

Read More

“Kita akan melakukan penyisiran di lapangan,” kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Damkar Depok, Denny Rumolo, Jumat (31/7/2020).

Denny menuturkan, satu ekor buaya yang ditemukan oleh warga dengan panjang 3 meter dan berat 60 Kilogram baru pertama kali ditemukan di kali tersebut.

Ia pun merasa heran ada buaya di Kali Pesanggrahan.

Kata dia, kali di wilayah Kota Depok paling banyak ditemukan biawak dan ular seperti Sanca dan Pyton.

“Maka itu kami sisir kali, agar warga sekitar pinggir kali merasa aman, ” katanya.

Denny mengutarakan, buaya yang sudah diamankan akan ditempatkan di Rutan Kelas 1A Depok untuk dipelihara.

“Kita tempat di Lapas Cilodong, mau dipelihara, ” kata Denny.

Sebelumnya, Peristiwa tak diduga dialami seorang pemancing ikan bernama Suhadi, Warga RT 04/RW 06 Kelurahan Sawangan Lama, Kecamatan Sawangan, Kota Depok.

Niatnya mencari ikan di Kali Pesanggrahan, Suhadi malah berhasil menangkap seekor buaya pada Kamis (30/7/2020) sore.

Kejadian tersebut bermula saat dirinya kali pertama melihat buaya tersebut di Kali Pesangrahan ketika memancing ikan.

Kala itu, Suhadi mengaku melihat hewan air tersebut hendak menyerangnya.

“Saya heran, kok ada buaya. Saya kira itu biawak. Tahu tahunnya buaya mau serang saya, ” kata Suhadi ketika dikonfirmasi, Jumat (31/7/2020).

Saat itu juga, Suhadi memanggil temannya untuk bersama-sama menangkap buaya. Langkah itu dilakukan, karena dia khawatir keberadaan buaya bakal menganggu warga lain hingga menimbulkan korban jiwa.

“Saya berupaya mengamankannya agar tidak berbahaya bagi lingkungan dengan berinisiatif menangkapnya bersama dua orang dan keluarga saya,” katanya.

Meski ditangkap, dia mengemukakan, jika buaya itu sudah diserahkan ke Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok.

“Buayanya telah kami serahkan kepada Damkar Depok untuk ditempatkan pada tempat yang lebih baik,” katanya. (Wan/WD)

Related posts