KPU Depok Gagal Gunakan Sirekap di Pilkada 2020

  • Whatsapp
Petugas memeriksa kotak suara yang telah dirakit di Gudang Logistik KPU, Kecamatan Cimanggis, Jumat (13/11). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok telah merakit 4.049 kotak suara dan menyiapkan 16.060 bilik suara yang akan digunakan untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Depok pada 9 Desember 2020.(Ahmad Fachry/WartaDepok.com)

WartaDepok.com – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok Nana Shobarna menyatakan, batal menggunakan sistem informasi rekapitulasi elektronik (Sirekap) pada Pilwalkot Depok 2020.

Hal ini dikarenakan dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara Komisi II DPR bersama KPU RI, Bawaslu RI dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menyimpulkan bahwa Sirekap tidak digunakan untuk perhitungan resmi pada Pilkada 2020.

Read More

“Jadi batal menggunakan Sirekap sebagai perhitungan suara resmi di Pilkada Serentak secara umum, begitu juga di Pikada Depok secara khusus,” kata Ketua KPU Kota Depok Nana Shobarna, Rabu (18/11/2020).

Nana menuturkan, perhitungan perolehan suara yang resmi kembali ke pola lama yakni dilakukan secara berjenjang mulai tingkat kecamatan hingga pleno penetapan pada tingkat kota, secara manual.

“Bisa dikatakan Sirekap ini fungsinya sama seperti sistem informasi penghitungan suara (Situng) pada Pileg/Pilpres 2019 yang berfungsi sebatas publikasi kepada masyarakat yang ingin mengetahui hasil pilkada. Untuk hasil resminya tetap dilakukan secara manual,” ujar Nana.

Diungkap Nana, alasan dibatalkannya Sirekap karena masih banyak Anggota Komisi II DPR dan Bawaslu yang menyangsikan kesiapan KPU untuk menerapkan itu.

“Misalnya dari sisi jaringan. Tidak semua wilayah di Indonesia punya jaringan internet. Kecuali Kota Depok ya, blank spot itu nol kalau di Depok. Tapi kalau bicara wilayah kabupaten/kota lain khususnya luar Jawa, masih banyak yang belum memiliki jaringan, termasuk kesiapan perangkatnya,” papar Nana.

Oleh sebab itu, lanjut Nana, hasil RDP tersebut yaitu menunda pelaksanaan untuk perhitungan suara resmi menggunakan Sirekap.

Seperti diketahui, pada Rabu (16/9/2020) lalu, Ketua KPU RI Arief Budiman telah melakukan serangkaian uji coba terhadap Sirekap di Hotel Santika Kota Depok. Secara umum kata Nana, sistem berjalan dengan lancar dan tidak ada kendala yang ditemukan saat uji coba Sirekap tersebut. (Wan/WD)

Related posts



banner 300300