Layanan Taksi Helikopter Tersedia di Jabodetabek, Ini Rute dan Tarifnya

  • Whatsapp
Ilustrasi/istock

WartaDepok.com – PT Whitesky Aviation memperkenalkan layanan baru, yaitu HeliCity atau taksi udara.

Layanan yang menggunakan helikopter itu siap menjemput penggunanya dari atau ke Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten.

Read More

CEO PT Whitesky Aviation, Denon Berri Klinsky Prawiraadmadja mengatakan, HeliCity sudah mulai beroperasi sejak 23 Agustus 2020 lalu, bertepatan dengan rampungnya pembangunan heliport di sisi selatan Bandara Soekarno-Hatta.

“Luas lahan 3 hektar, kapasitas parkirnya punya tujuh parking area dan berkapasitas 40 helikopter. Pembangunan heliport itu kerja sama antara PT Whitesky Aviation dengan PT Angkasa Pura II,” ujar Denon melalui sambungan telepon, Minggu (28/2/2021) pagi.

“Kelebihannya (HeliCity) ini bisa menjadi connecting flight dengan siapa saja yang terbang dari tengah kota ke bandara,” imbuh dia.

Layanan tersebut, kata Denon, siap mengantar atau menjemput calon penggunanya di 72 titik yang tersebar, di antaranya:

1. Kota Bekasi, Jawa Barat

2. Kota Depok, Jawa Barat

3. Kota Tangerang, Banten

4. DKI Jakarta

5. Puncak, Kota Bogor, Jawa Barat

6. Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat

7. Serpong, Kota Tangerang Selatan

Denon mengatakan, HeliCity menawarkan pengalaman baru di mana penggunanya dapat dengan cepat untuk sampai di Bandara Soekarno-Hatta.

Setibanya di bandara, pengguna HeliCity dapat langsung bertolak lagi menggunakan pesawat.

“Misal dari Bogor langsung ke Bandara Soekarno-Hatta, terus langsung naik airlines. Atau sebaliknya, turun dari airlines, langsung naik HeliCity ke kota tujuan,” urai dia.

Menurut Denon, penggunaan helikopter sebagai transportasi umum atau retail merupakan hal yang lazim di beberapa negara maju.

Di satu sisi, penggunaan helikopter sebagai transportasi umum di Indonesia memang lah jarang.

“Jadi, heliport ini heliport yang pertama di bandara Indonesia. Bandara Soekarno-Hatta yang di sebelahnya ter-connect dengan heliport,” katanya.

Ada pun calon pengguna dapat memesan layanan taksi udara itu melalui aplikasi HeliCity yang dapat diunduh di ponsel android atau iOs masing-masing.

Besaran tarifnya bervariasi mulai dari Rp 8 juta – Rp 20 juta, tergantung dari jenis helikopter yang hendak digunakan dan jenis layanannya.

Untuk layanan HeliCity, helikopter bisa mengangkut 3-4 penumpang.

Di tengah masa pandemi Covid-19 ini, kata Denon, pihaknya juga menerapkan protokol kesahatan sesuai aturan yang ada untuk calon penggunanya.

“Salah satu syaratnya, yaitu disyaratkan untuk membawa hasil swab antigen (non-reaktif). Sesuai dengan (aturan) yang ditetapkan pemerintah),” tutur dia.

Sebelumnya, Denon sempat menjelaskan layanan HeliCity melalui Instagram pada Jumat (26/2/2021).

“Nantinya misi yang kita bisa layani di sini bukan hanya penerbangan heli untuk VIP, namun juga helicity yang bisa dianggap sebagai penerbangan bertarif terjangkau atau no frills flight,” kata Denon, Jumat seperti dilansir Antara.

Denon menjelaskan, nantinya ada penerbangan VIP yang dilayani oleh helikopter bermesin ganda dan ada pula layanan penerbangan helicity dengan harga terjangkau.

Layanan VIP itu, helikopter bisa mengangkut 4 sampai 8 penumpang.

Pangsa pasar yang ditarget layanan helicity dan penerbangan helikopter VIP adalah para penumpang dari berbagai wilayah dan negara yang berangkat dan tiba di Bandara Soekarno-Hatta. (kompas)

Related posts



banner 300300