Lima Startegi Orang Tua Ajari Anak Berkebutuhan Khusus

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Psikolog Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Kota Depok Leny menyebut, ada lima startegi yang bisa diterapkan orang tua untuk pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK).

Terlebih, saat pandemi Covid-19 ini mengharuskan siswa belajar dari rumah.

Read More

“Pertama, orang tua harus bisa kerjasama dengan pihak sekolah untuk mengikuti arahan dari sekolah,” ujarnya, saat memberikan paparan dalam kegiatan Sosialisasi Perlindungan ABK melalui virtual.

Selanjutnya, kata Leny, orang tua dan siswa wajib melakukan perubahan dan penyesuaian terhadap Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Kemudian, kenali sumber daya yang ada di rumah, baik fisik dan non fisik.

“Fisik itu seperti menggunakan media yang ada di rumah untuk memberikan contoh. Sedangkan non fisik itu berupa emosi. Kita harus bisa mengolah emosi untuk bisa menjadi guru bagi anak kita dengan baik,” terangnya.

Leny juga menjelaskan, orang tua harus bisa membuat kegiatan di rumah agar belajar bisa lebih menyenangkan. Misalnya meluangkan waktu belajar untuk anak dengan praktek langsung.

“Terakhir, berikan anak apresiasi berupa makanan kecil atau apapun yang anak suka. Dengan lima strategi ini, diharapkan, anak bisa menerima pelajaran dengan baik,” tutupnya. (wan/WD)

Related posts