Musim DBD, Yuk Gencarkan 3 M Plus

  • Whatsapp
Ilustrasi/Pixabay

WartaDepok.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mengimbau masyarakat untuk melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus. Pasalnya, melalui cara 3 M Plus ini efektif dalam mencegah penyebaran nyamuk Demam Berdasar Dengue (DBD).

“Mari sama-sama kita galakkan PSN dengan cara 3M Plus agar di lingkungan tempat tinggal dapat terbebas dari nyamuk DBD,” jelas Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok, Umi Zakiati dilansir situs resmi Pemerintah Kota Depok.

Read More

Umi menuturkan, kegiatan yang dilakukan dengan 3M antara lain menguras tempat yang sering dijadikan penampungan air seperti bak mandi, ember air. Selanjutnya, dengan menutup rapat-rapat tempat penampungan air seperti drum, kendi, atau toren air.

Lalu, dengan memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD. Kemudian, yang dimaksud dengan plus adalah segala bentuk pencegahan lainnya.

“Kegiatan lainnya yang dilakukan dengan menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan, menggunakan kelambu saat tidur.

Warga juga diajak memelihara hewan pemangsa jentik, menanam tanaman pengusir nyamuk, menghindari kebiasaan menggantung pakaian dalam rumah, serta menggunakan anti nyamuk semprot atau oles bila diperlukan,” tandasnya. (Wan/WD)

Related posts