Pemkot Depok Raih Penghargaan Penyelenggaraan Pembangunan Jalan Terbaik di Indonesia

  • Whatsapp
Wali Kota Depok, Mohammad Idris (tengah) bersama Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty (paling kiri) saat menerima penghargaan penilaian kinerja pemerintah daerah bidang kebinamargaan dalam penyelenggaraan jalan kategori Pemerintah Kota di Auditorium Kementerian PUPR Jalan Patimura Kebayoran Baru Jakarta Selatan. (20/12/21). (Foto : Diskominfo)

WartaDepok.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berhasil meraih penghargaan bergengsi dari Kementerian Penataan Ruang dan Pemukiman Rakyat (PUPR) Republik Indonesia (RI) di acara Hari Jalan 2021 dengan tema Mengelola Jalan, Menyambung Negeri, Senin (20/12/2021).

Kali ini prestasi yang torehkan yaitu peringkat ketiga pada penilaian kinerja pemerintah daerah bidang kebinamargaan dalam penyelenggaraan jalan kategori Pemerintah Kota.

Read More

Atas prestasi tersebut, Pemkot Depok berhak memperoleh penghargaan berupa piagam dan plakat. Termasuk, hadiah dua ekskavator senilai Rp 3 miliar.

“Kinerja yang dinilai antara lain penuntasan masalah proyek jalan dari sisi kecepatan dan ketepatannya dan administrasi laporan keuangan dalam bidang Jalan dan Jembatan (Jajem). Serta regulasi terkait pembangunan jajem di Kota Depok,” ujar Wali Kota Mohammad Idris usai menerima penghargaan di Auditorium Kementerian PUPR Jalan Patimura Kebayoran Baru Jakarta Selatan.

Mohammad Idris menjelaskan sesuai arahan yang disampaikan oleh Menteri PUPR terkait pembagian antara jalan nasional, provinsi dan kota bukan tanggung jawab pemerintah daerah. Namun, tanggung jawab Kementerian PUPR sebagai pengayom semua jenis jalan.

“Karena banyak juga jalan di daerah-daerah yang memang tidak mampu jika hanya mengandalkan APBD. Khususnya jalan-jalan yang sangat rentan longsor,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan indikator yang menjadi poin penilaian antara lain pembatasan jenis atau kelas kendaraan, pemakaian material yang terbarukan atau produksi dalam negeri. Kemudian ada juga ketersediaan informasi kepada publik dalam penanganan jalan.

“Lalu, Surat Keputusan (SK) penetapan jalan, dokumen perencanaan program lima tahunan serta metode pelaksanaan. Adapun, jalan yang ditinjau yaitu Jalan Margonda Raya dan Jalan di Grand Depok City (GDC).” ungkap Citra.

Menurutnya, jalan-jalan di Kota Depok sejauh ini sudah sangat baik. Karena semuanya sudah diaspal dan dicor.

“Jadi dengan semua jalan yang sudah bagus, sangat layak Kota Depok mendapatkan penghargaan ini,” tutupnya.

Related posts



banner 300300