Pemkot Depok Tangani Banjir dan Longsor Secara Kolaborasi

  • Whatsapp
Sejumlah warga membersihkan rumah pasca banjir yang merendam pemukiman di De Kenari's Residence, RT 15/RW 13, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Sabtu (20/2). Hujan yang mengguyur Kota Depok sejak dini hari menyebabkan tanggul Kali Cipinang jebol karena tidak mampu menahan debit air sehingga membuat perumahan tersebut kebanjiran.(Ahmad Fachry/WartaDepok.com)

WartaDepok.com – Kota Depok dilanda bencana banjir dan tanah longsor di beberapa titik ketika hujan deras kemarin.

Kondisinya banyak korban banjir dan tanah longsor terpaksa mengungsi. Saat ini, Pemerintah kota Depok mulai menyalurkan bantuan logistik kepada warga yang terdampak banjir dan longsor.

Read More

Untuk penanganan banjir dan tanah longsor, Plh Wali Kota Depok Sri Utomo menegaskan bahwa penanganan banjir dilakukan secara kolaborasi intansi terkait.

“Alhamdulillah penanganan banjir, kita lakukan secara kolaborasi intansi terkait, komunitas, dan masyarakat, ” kata Sri Utomo, Senin (22/2/2021).

Sementara itu, Pemerintah Kota Depok mulai memberikan bantuan logistik untuk korban bencana banjir di sejumlah titik. Bantuan itu diberikan melalui Dinas Sosial (Dinsos) di dua lokasi.

Untuk bantuan bencana banjir di RW 6 dan RW 13 Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis. Sedangkan bantuan bencana longsor di RT 04 Kelurahan Pasir Gunung Selatan (PGS).

Selain itu, bersama warga dan Palang Merah Indonesia (PMI), Dinsos bersama Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kota Depok, sudah membangun dapur umum di Kelurahan Mekarsari.

Kepala Dinsos Kota Depok, Usman Haliyana, mengatakan pihaknya langsung mengirimkan Tagana untuk penyelamatan dan pemberian bantuan logistik saat terjadi bencana. Untuk logistik yang diberikan berupa beras dan makanan siap saji untuk para korban bencana.

“Tagana ini sudah disiagakan di setiap kecamatan. Mereka membantu evakuasi korban bekerja sama dengan Damkar dan PMI Kota Depok. Kemudian Tagana akan melakukan assessment atau pengumpulan data korban untuk pemberian bantuan logisitik,” kata Usman.

Lanjut dia, bantuan logistik di Mekarsari yang berikan antara lain mie instan 400 bungkus, 18 karung beras ukuran 5 kilogram, 15 dus air mineral. Selanjutnya, 108 bungkus biskuit serta 136 kaleng sarden.

Kemudian, bantuan logistik di PGS antara lain 81 bungkus mie instan, 3 bungkus biskuit, 3 karung beras ukuran 5 kilogram. Lalu ada juga 3 kaleng sarden dan 3 dus air mineral.

“Intinya bantuan logisitik akan kami siapkan. Yang utama ini untuk tiga hari ke depan. Jumlah bantuan tersebut tergantung jumlah korban bencana,” tutupnya. (Wan/WD)

Related posts



banner 300300