HeadlineKota Kembang

Ridwan Kamil Unggul Sebagai Capres Alternatif

72
×

Ridwan Kamil Unggul Sebagai Capres Alternatif

Sebarkan artikel ini

WartaDepok.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil paling unggul sebagai capres alternatif lewat survei Litbang Kompas periode Januari – Februari 2023 para peneliti turut mencari sosok calon presiden (Capres) alternatif.

Berdasar hasil wawancara tatap muka terhadap 1.202 responden dalam survei tersebut, mereka menemukan Capres alternatif dengan elektabilitas tertinggi.

Dilansir dari Harian Kompas edisi Rabu, 22 Februari 2023, ada tiga sosok Capres alternatif dengan elektabilitas paling tinggi. Mereka adalah Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ridwan Kamil yang juga gubernur Jawa Barat menempati posisi teratas sebagai capres alternatif dengan elektabilitas mencapai 22,7 persen.

Angka tersebut jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan elektabilitas capres alternatif lainnya.

Angka elektabilitas Sandiaga Uno yang berada di posisi kedua hanya 7,3 persen. Sedangkan AHY 5,8 persen. Di luar ketiga nama tersebut, Survei Litbang Kompas juga mendapati beberapa nama capres alternatif lain.

Namun angka elektabilitas mereka berada di bawah lima persen. Rinciannya Erick Thohir dengan 4,5 persen, Tri Rismaharini 4,3 persen, Andika Perkasa 2,3 persen, Puan Maharani 1,5 persen, Airlangga Hartarto 0,8 persen, Mahfud MD 0,7 persen, dan Hary Tanoesoedibjo 0,5 persen.

Hasil survei tersebut menunjukkan bahwa Ridwan Kamil mampu mempertahankan elektabilitasnya sebagai figur yang punya peluang turut serta dalam kontestasi pilpres 2024 mendatang.

Tidak hanya masuk dalam hasil survei untuk capres alternatif, nama pejabat yang akrab dipanggil RK itu juga kembali muncul dalam hasil survei capres.

Berdasar survei Litbang Kompas di periode yang sama, RK masih berada dalam delapan besar capres dengan elektabilitas tertinggi.

Dia terus menempel elektabilitas tiga nama capres yang paling sering disebut belakangan ini. Yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan.

Masih dikutip dari Harian Kompas edisi Rabu, 22 Februari 2023, elektabilitas RK sebagai capres berada pada angka 4 persen.

Dibawahnya ada nama Sandiaga Uno dengan elektabilitas 1,6 persen, Andika Perkasa 1,6 persen, AHY 1,3 persen, dan Tri Rismaharini 1 persen.

Di luar tiga nama yang berada di posisi teratas, angka itu menunjukkan bahwa RK merupakan capres dengan elektabilitas yang cukup jauh diatas nama-nama lain yang berada pada urutan lima sampai delapan.

Survei yang dilakukan terhadap 1.202 responden tersebut berlangsung mulai 25 Januari 2023 sampai 4 Februari 2023.

Oleh Litbang Kompas, responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Dengan margin of error +- 2,83 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana, tingkat kepercayaan survei menggunakan metode tersebut mencapai 95 persen.

BACA JUGA:  Disporyata Depok Buka Audisi Gita Bahana Nusantara 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *