Sambangi Gontor, Wali Kota Depok Ziarah ke Makam Trimurti Pendiri Ponpes

  • Whatsapp
Wali Kota Depok Mohammad Idris melakukan ziarah kubur ke makam Trimurti pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor, Ponorogo Minggu (21/11/21). (Dok. Diskominfo)

WartaDepok.com – Wali Kota Depok Mohammad Idris melakukan ziarah kubur ke makam Trimurti pendiri Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Darussalam Gontor, Ponorogo Minggu (21/11/21). Tak hanya berziarah, dia juga bersilaturahmi dengan para kiai, guru, santri dan juga bernostalgia.

Mohammad Idris yang merupakan alumni Ponpes Modern Darussalam Gontor ini mengatakan rutin melakukan ziarah kubur dan silaturahmi minimal setahun sekali. Namun, untuk tanggal dan bulan, ujarnya, tidak ditentukan atau tentatif, sebab menyesuaikan situasi, kondisi dan kesempatan.

Read More

“Saya lakukan acara ini setiap tahun minimal satu kali, ziarah makam dan silaturahmi dengan guru-guru, termasuk ke anak, cucu dari Sang Kiai,” kata Mohammad Idris di Ponpes Modern Darussalam Gontor, Ponorogo.

Lanjut Mohammad Idris, pertama ia berziarah ke makam tiga pendiri Ponpes Modern Darussalam Gontor (Trimurti). Antara lain Almarhum K.H. Ahmad Sahal, Almarhum K.H. Zainudin Fananie, Almarhum K.H. Imam Zarkasyi.

“Selanjutnya ke makam anak cucu para kiai dan juga para asatidz yang memang sudah mendahului kita,” ucapnya.

Mohammad Idris mengungkap terdapat sejumlah pesan yang berkesan dari para kiai tersebut, salah satunya penanaman panca jiwa. Yang mengajarkan tentang kesederhanaan hidup dan kebebasan di dalam pemikiran dan bertindak.

“Artinya kami para almamater diarahkan kepada kemandirian. Ini pesan dari mereka yang diwariskan secara turun-temurun kepada santri-santrinya,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Mohammad Idris juga menyempatkan hadir memenuhi undangan pernikahan putri K.H. Hasan Sahal. Dia pun bertemu dengan Dai kondang dan sejumlah tokoh nasional yang juga senior di Ponpes Modern Darussalam Gontor, Ponorogo, seperti Ustaz Abdul Somad atau UAS dan Hidayat Nur Wahid, serta tokoh-tokoh lainnya.

“Saya juga bertemu santri dan guru pengajar di Gontor yang juga merupakan warga Kota Depok,” tutupnya.

Related posts



banner 300300