BalaikotaHeadline

Wali Kota Depok Peringati Malam Nuzulul Qur’an di Masjid Agung

69
×

Wali Kota Depok Peringati Malam Nuzulul Qur’an di Masjid Agung

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat menghadiri peringatan Nuzulul Qur'an tahun 1444 Hijriah Tingkat Kota Depok di Masjid Agung Balai Kota Depok, Jumat (14/04/23) malam. (Foto: Diskominfo)

WartaDepok.com – Malam Nuzulul Qur’an tahun 1444 Hijriah (H) Tingkat Kota Depok diperingati di Masjid Agung Balai Kota Depok pada Jumat (14/04/2023) malam.

Tahun ini, peringatan malam Nuzulul Qur’an yang dirangkai dengan I’tikaf Eksekutif mengusung tema Cinta Al-Qur’an, Raih Keutamaan Ramadhan.

Menurut Wali Kota Depok, Mohammad Idris, malam Nuzulul Qur’an yang dirangkai dengan I’tikaf Eksekutif menjadi kegiatan rutin Pemerintah Kota (Pemkot) Depok yang diprogramkan setiap tahun.

“Kemarin dua tahun terkena pandemi, sehingga kita tunda, saat ini kami laksanakan yang tujuan utamanya untuk recharge tubuh menjelang libur bersama hari raya Idulfitri 2023,” ucap Kiai Idris, sapaannya, di sela-sela peringatan Malam Nuzulul Qur’an 1444 H Tingkat Kota Depok.

“Dengan keseharian kita, kerja-kerja birokrasi, sekarang kita ingin melakukan sesuatu untuk mendapatkan populis THR (Taubat, Husnudzon dan Rida), itu THR yang kita inginkan dari kegiatan ini,” jelasnya.

Lebih lanjut, Kiai Idris menuturkan, rata-rata para Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Depok pulang kampung setelah melakukan Salat Id Idulfitri.

“Kecuali mereka yang sudah memiliki janji dengan orang tuanya,” ujarnya.

Selain itu juga, ucap Kiai Idris, malam Nuzulul Qur’an yang dirangkai dengan I’tikaf Eksekutif menjadi momen untuk pengumpulan zakat di bulan Ramadan.

“Tidak hanya zakat, kalau zakat profesi bagi para pejabat memang sudah bulanan, zakat profesi, maka ini skim-nya adalah skim infak, kalau zakat nanti pembagiannya adalah sesuai dengan delapan kelompok,” jelasnya.

“Kalau infak beda, bebas, makanya kita tarik infak-infak mereka, selain zakat profesi yang mereka setorkan setiap bulan, termasuk saya tadi juga infak, shadaqah,” sambungnya.

Dalam kegiatan ini, Pemkot Depok juga mengumumkan pejabat ASN yang menjadi peserta tergiat pada kegiatan Salat Tarawih Keliling (Tarling) yang digelar di 11 kecamatan se-Kota Depok.

“Kita ingin melihat komitmen, loyalitas mereka atas imbauan kami agar tarling apapun dimana pun lokasinya, selama tidak ada hal yang mendesak dan darurat, baik laki dan perempuan pejabat eselon dua untuk mengikuti acara tarling, baik yang mendapatkan tugas menyampaikan sambutan ataupun tidak, kita kasih reward,” ungkap Kiai Idris.

Untuk pemenang peserta Taring Ramadan Tingkat Kota Depok, juara pertama ialah Diah Sadiah, Staf Ahli Wali Kota Depok Bidang Sumberdaya Manusia dan Kemasyarakatan, mendapatkan Rp 1 juta.

Juara kedua ialah Asloe’ah Madjri, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Depok mendapatkan Rp 750 ribu, dan juara ketiga ialah Dadan Rustandi, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, budaya dan Pariwisata (Disporyata) Kota Depok mendapatkan Rp 500 ribu.

“Kehadiran mereka tidak hanya makan lontong, tapi memberikan pemikiran, kontribusi untuk saya sebagai pimpinan,” ungkap Kyai Idris.

Selanjutnya, Pemkot Depok juga mengumumkan juara lomba Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) dan Adzan bagi ASN.

Lomba ini diadakan demi memeriahkan Hari Jadi ke-24 Kota Depok yang diperingati 27 April 2023.

Untuk pemenang Lomba Adzan untuk ASN, di antaranya, juara pertama Chairrul Imam mendapatkan hadiah Rp 3 juta, juara kedua Afendi mendapatkan hadiah Rp 2 juta, dan juara ketiga Ujang Saepudin mendapatkan hadiah Rp 1 juta.

Lalu, pemenang Lomba MTQ untuk ASN, di antaranya, juara pertama adalah Anwar Hasihin mendapatkan Rp 3 juta, juara kedua adalah Indra Cahyadi mendapatkan Rp 2 juta, dan juara ketiga adalah Juman Mardiansyah mendapatkan Rp 1 juta.

“Lomba Adzan dan MTQ ini kita selenggarakan memang untuk memperlihatkan bahwa di antara ASN mempunyai potensi-potensi dalam bidang keagamaan,” tutupnya.

BACA JUGA:  YPKC Depok Gelar Kegiatan Santunan Anak Yatim di Bulan Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *