FTUI dan TIBCO Kerja Sama Latih Mahasiswa Terampil Data Analytics

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) bekerja sama dengan TIBCO Software Inc berkolaborasi dalam hal pengembangan keterampilan teknologi mahasiswa FTUI terutama terkait ilmu data (data analytics).

Kerja sama yang akan terjalin selama tiga tahun ini akan semakin memantapkan keterampilan analitik data yang merupakan kebutuhan mendasar dari angkatan kerja generasi mendatang.

Read More

Kolaborasi antara TIBCO dan FTUI menjadi kesempatan emas bagi lebih dari 500 mahasiswa di Program Studi Teknik Industri FTUI, untuk memperoleh kesempatan mengikuti pelatihan menggunakan software dari TIBCO, seperti TIBCO Spotfire®️, yang dapat dimanfaatkan secara gratis melalui inisiatif Aliansi Akademik TIBCO. Ke depannya, kesempatan ini juga dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa dari fakultas lainnya di lingkungan UI.

“Saat ini, berbagai organisasi dan perusahaan, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia terus bergerak maju dengan transformasi digital.

Kondisi ini menimbulkan peningkatan kebutuhan SDM yang memiliki keterampilan khusus terkait ilmu data.

Kami memandang kolaborasi dengan FTUI sebagai hal yang sangat penting dalam menjawab tantangan kesenjangan SDM di bidang ilmu data ke depannya,” ujar *Nick Lim, General Manager TIBCO Asia Pasifik dan Jepang (APJ)*.

Ditemui pada kesempatan terpisah, *Dr. Ing. Amalia Suzianti S.T., M.Sc., Kepala Departemen Teknik Industri FTUI* menyampaikan, “Kolaborasi dengan TIBCO ini sejalan dengan komitmen kami untuk berkolaborasi dengan sektor swasta, terutama perusahaan teknologi terkemuka.

Dengan terjalinnya kerja sama ini, dapat memberikan kesempatan baik bagi para mahasiswa untuk berhadapan langsung dengan teknologi tepat guna sebagai pembelajaran, serta membangun kemampuan di bidang data science.

Salah satu keunggulan akademik di Departemen Teknik Industri FTUI adalah pengintegrasian pembelajaran akademis dengan praktik dunia nyata sehingga para lulusan kami dapat menjadi SDM yang siap menghadapi tantangan masa depan.”

“TIBCO menyadari kebutuhan untuk memberdayakan mahasiswa dengan mengembangkan keterampilan di bidang data analytics, yang akan membantu mereka untuk di bidang teknik, manajemen, perancangan sistem dan analisis data.

Melalui TIBCO Academic Alliance, kami menyediakan teknologi untuk mendorong inovasi dan pembelajaran di ruang kelas, serta mempersiapkan tenaga kerja masa depan,” ujar Nick Lim menambahkan.

“Kami optimis, dengan berkolaborasi bersama pakar industri seperti TIBCO, kami mampu memberikan program inovatif untuk semakin memperkuat pendidikan berkualitas tinggi bagi para mahasiswa kami, serta memberi mereka keterampilan analitik data yang diperlukan di tengah pesatnya pertumbuhan bisnis berbasis digital saat ini,” kata Amalia.

TIBCO merupakan perusahaan multinasional dalam manajemen data perusahaan, memungkinkan pelanggannya untuk untuk menghubungkan, menyatukan, dan memprediksi hasil bisnis, dan memecahkan tantangan data analytics yang kompleks.

TIBCO juga memiliki kolaborasi yang kuat dengan beberapa institusi pendidikan tinggi di kawasan Asia Pasifik seperti, Nanyang Polytechnic, Singapore Polytechnic, Institute of Technical Education di Singapura.

Related posts