Dengan Penerapan CHSE, Nuroji Yakin Dapat Dongkrak Perekonomian Tempat Wisata

  • Whatsapp

WartaDepok.comĀ – Pandemi Covid-19 di Indonesia sempat membuat minat wisatawan berpikir ulang, jika harus melakukan destinasi wisata. Karena itu, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif terus mendorong program Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainable (CHSE) di seluruh destinasi wisata di Indonesia.

Kampanye ini digaungkan agar kegiatan pariwisata dapat segera bangkit di tengah pandemi Covid-19.

Belum lama ini, Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, mengadakan Bimbingan Teknis Penyelenggaraan Kegiatan/Events dan Penerapan CHSE di Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Hotel Santika Mega City Bekasi, Rabu (14/10), dan dibuka oleh Anggota Komisi X DPR RI Dapil Jabar VI (Kota Depok-Kota Bekasi), Nuroji.

Nuroji mengatakan kunci sukses pulihnya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif adalah dengan penerapan standar protokol kesehatan di sektor parekraf.

“Penerapan protokol kesehatan harus dilaksanakan. Hal itu untuk mengembalikan minat masyarakat berkunjung ke destinasi wisata, dengan penerapan tersebut, masyarakat akan merasa aman untuk berkunjung,” kata Nuroji, Jumat (15/10).

Ketua Dewan Pembina DPC Partai Gerindra Depok ini melanjutkan, kampanye 3 M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak), jangan hanya jadi slogan saja. Tetapi harus disertai fasilitasnya oleh tempat wisata.

Misalkan menyediakan tempat cuci tangan serta sabun, adanya hand sanitiser, dan tanda untuk menjaga jarak. Begitu juga dengan penyemprotan disinfectan secara berkala harus dilakukan. Bila merasa aman, maka pengunjung akan datang.

“Fasilitas-fasilitas itu harus disiapkan pelaku usaha di sektor apapun. Pemeriksaan suhu badan juga diperlukan, ketegasan untuk melarang masuk, jika suhu tubuh pengunjung tidak normal,” lanjutnya.

Nuroji sendiri yakin, tempat hiburan jika menerapkan protokol kesehatan akan memulihkan perekonomian dunia usaha.

“Itu yang kita butuhkan, memulihkan perekonomian dibidang hiburan. Bagaimana caranya, ya dengan penerapan protokol kesehatan,” tutupnya.(mia/WD)

Related posts