DBD di Depok Sudah 3 Orang Meninggal Dunia Sejak Januari 2020

  • Whatsapp
Ilustrasi/Pixabay

WartaDepok. com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mencatat ada tiga orang meninggal dunia sejak Januari hingga Maret 2020 yang terserang penyakit demam berdarah dengue (DBD).

“Jumlah total yang terjangkit atau terserang penyakit DBD sejak Januari hingga Maret 2020 mencapai 288 orang tersebar di seluruh Kota Depok dan tiga orang diantaranya meninggal dunia,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Novarita, Kamis (12/3).

Read More

Namun jumlah tersebut belum terlalu mengkhawatirkan karena cenderung jumlah penderita DBD menurun setelah mendapatkan perawatan di Puskesmas dan RSUD Depok dibandingkan tahun 2019 lalu. Data yang ada Januari 2019 jumlah penderita mencapai 452 orang dan tahun 2020 ini sejak januari hingga Maret mencapai 288 orang.

Upaya untuk mengantisipasi penyebaran penyakit DBD pihak Dinkes melalui Puskesmas dan lainnya terus melakukan sosialisasi terkait aksi bersih lingkungan, menggalakan kerjak bakti, pembrantasan sarang nyamuk, pembersihan jentik nyamuk dan lainnya. “Surat untuk aksi bersih dan kerja bakti sudah disampaikan dari Dinkes ke kelurahan dan kecamatan termasuk organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya,” katanya.

Data yang diperoleh dari Dinkes Kota Depok ditahun 2019 ternyata penderita DBD terbanyak dalam tiga tahun belakangan yang mencapai 2.200 orang dengan jumlah korban meninggal dunia dua orang.

Namun untuk jumlah korban DBD yang mencapai ribuan tercatat di tahun 2016 lalu sekitar 2.834 orang, tahun 2017 tercatat 535 orang dan tahun 2018 tercatat 892 orang dengan satu orang meninggal dunia. (Wan/WD)

Related posts