HeadlineHumaniora

Tingkatkan Kapasitas, 130 PPPK Guru SD Negeri Diberi Pelatihan

17
×

Tingkatkan Kapasitas, 130 PPPK Guru SD Negeri Diberi Pelatihan

Sebarkan artikel ini

WartaDepok.com – Sebanyak 130 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru SD Negeri mendapatkan pelatihan peningkatan kapasitas dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik serta kualitas pendidikan di Kota Depok.

“Peserta adalah seluruh guru yang lolos seleksi PPPK Guru pada 2020 silam dan telah mendapatkan Surat Keputusan (SK) pengangkatan di tahun ini,” ujar Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Sekolah Dasar (PTK SD), Bidang Pembinaan SD, Disdik Kota Depok, Syahril Simamora dilansir melalui laman resmi Pemkot Depok.

Berlangsung selama dua hari, 2-3 November, kata Syahril, terdapat sejumlah materi yang disampaikan. Salah satunya terkait orientasi kerja terhadap peserta didik.

“Kita mengharapkan guru PPPK ini dalam melakukan pembelajaran, menjadikan murid sebagai subjek bukan objek, sehingga pembelajaran akan lebih kepada peserta didik atau siswa,” jelasnya.

Materi selanjutnya yaitu cara memacu dan meyakinkan para guru PPPK ini bahwa mereka sudah menjadi tenaga pendidik profesional. Untuk itu, mereka harus memiliki pemikiran, komitmen, dan kinerja yang baru.

“Berikutnya adalah keterampilan menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan. Mereka di sekolah harus mampu mengidentifikasi apa saja masalah yang ada di dalam sekolah, kemudian bisa mengambil keputusan yang tepat dalam melaksanakan tugasnya sehari-hari,” jelasnya.

Terakhir, para guru PPPK harus menjadi agen perubahan di lingkungan sekolahnya masing-masing. Mereka diharapkan mampu memberikan pangaruh yang positif kepada kepala sekolah, guru-guru, orang tua murid, serta murid dalam melaksanakan tugasnya.

“Kita harapkan dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kapasitas mereka sebagai guru, yang target terbesarnya adalah peningkatan kualitas pendidikan di Kota Depok,” tandasnya.

BACA JUGA:  Kontingen Depok Pamerkan Batik Gong Si Bolong dalam Pawai MTQ ke-38 Jabar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *