Badan Kehormatan DPRD Kota Depok Sampaikan Renja pada Masa Sidang Kedua Tahun 2022

WartaDepok.com – Pada Masa Sidang Kedua yang dimulai bulan Mei dan berakhir pada bulan Agustus 2022, Badan Kehormatan (BKD) DPRD Kota Depok akan dititikberatkan kepada program kerja yang menjadi tanggung jawab tugas dan kewenangan Badan Kehormatan DPRD Kota Depok.

Ketua BKD DPRD Kota Depok, Rezky M. Noor mengatakan, hal tersebut terkait dengan mekanisme tata beracara DPRD terhadap dugaan pelanggaran kode etik DPRD serta Pengawasan kehadiran anggota DPRD dalam rapat paripurna, serta alat kelengkapan dewan.

“Dalam rangka meningkatkan kehadiran di setiap rapat paripurna dan alat kelengkapan dewan, selain teguran terhadap kurangnya tingkat kehadiran, BKD DPRD Kota Depok juga memberikan penghargaan pada Paripurna Istimewa hari jadi DPRD Kota Depok dalam bentuk Awards, salah satunya terkait tingkat kehadiran,” katanya.

Badan Kehormatan DPRD Kota Depok juga menerima masukan, dan saran serta evaluasi atas kinerja dewan, khususnya DPRD Kota Depok, dengan harapan kualitas kinerja menjadi kewibawaan lembaga dewan dapat tercapai.

Selain dari pada itu kunjungan-kunjungan kerja yang dilakukan secara terarah dan dilakukan untuk mendapatkan data-data komparatif dari kota/kabupaten serta daerah lain akan bermanfaat dalam mendapatkan pengalaman-pengalaman sehingga menjadi program preventif yang dapat dilaksanakan di DPRD Kota Depok.

Dirinya menjelaskan, dari dua program kegiatan yang akan menjadi fokus kegiatan Badan Kehormatan. Hal itu bertujuan agar peran Badan Kehormatan DPRD Kota Depok ketika terjadi permasalahan yang terkait khususnya dengan pengawasan, disiplin dan etika anggota dan lembaga DPRD Kota Depok.

“Supaya program kerja tugas dan fungsi DPRD Kota Depok secara umum dapat tercapai dan tidak keluar ataupun menyimpang serta bertentangan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018, Peraturan Tata Tertib DPRD Kota Depok, Kode Etik DPRD Kota Depok dan Tata Beracara Badan Kehormatan DPRD Kota Depok,” tutupnya.

Demikianlah Program Kerja Badan Kehormatan DPRD Kota Depok untuk Masa Sidang Kedua Tahun Sidang 2022, semoga dengan program-program kerja ini dapat menjadi program penyeimbang alat kelengkapan lain yang bersinergi dalam mewujudkan dan meningkatkan kualitas kinerja DPRD Kota Depok.

Leave a Reply

Your email address will not be published.