Damkar Berhasil Evakuasi 342 Hewan Liar yang Masuk ke Pemukiman Warga

  • Whatsapp
Petugas Damkar Depok usai berhasil menangkap seekor ular sanca kembang di pemukiman warga di Cimanggis. (Foto : istimewa).

WartaDepok.com – Sejak Januari hingga Juni 2022, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok telah berhasil mengevakuasi sebanyak 342 hewan liar. Sejumlah hewan tersebut terdiri dari ular, lebah, dan biawak.

“Selama enam bulan kami berhasil mengevakuasi 148 ular, 163 sarang tawon dan 31 biawak,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Operasional Kebakaran dan Penyelamatan pada Dinas Damkar dan Penyelamatan Kota Depok, Welman Naipospos dilansir melalui laman resmi Pemkot Depok.

Read More

Dirinya merinci, pada bulan Januari pihaknya mengevakuasi ular sebanyak 16 ekor, Februari 18 ekor, Maret 33 ekor, April 30 ekor, Mei 28 ekor dan Juni 23 ekor. Paling banyak evakuasi dilakukan di Kecamatan Sukmajaya dan Cimanggis.

“Lalu evakuasi sarang tawon di bulan Januari 29 kali, Februari 33 kali, Maret 36 kali, April 17 kali, Mei 32 kali dan Juni 16 kali. Terbanyak di Kecamatan Sawangan dan Tapos,” tuturnya.

Selanjutnya, evakuasi biawak pada bulan Januari tiga ekor, Februari enam ekor, Maret 8 ekor, April 4 ekor, Mei dan Juni masing-masing lima ekor. Terbanyak di Sawangan dan Sukmajaya.

“Warga yang membutuhkan bantuan untuk evakuasi hewan liar bisa menghubungi Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112. Dapat juga menghubungi nomor Markas Komando (Mako) atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) Damkar dan Penyelamatan di wilayah masing-masing,” tutupnya.

Related posts



banner 300300