BalaikotaHeadline

Fasilitasi Produk Lokal, Wali Kota Buka Pasar Rakyat Depok

77
×

Fasilitasi Produk Lokal, Wali Kota Buka Pasar Rakyat Depok

Sebarkan artikel ini
Wali Kota Depok, Mohammad Idris didampingi Ketua Dekranasda, Elly Farida meresmikan Griya Pamer saat pembukaan Pasar Rakyat Depok atau Parade di Alun-alun Kota Depok (Foto: Diskominfo).

WartaDepok.com – Wali Kota Depok, Mohammad Idris resmi membuka perhelatan Pasar Rakyat Depok atau Parade di Alun-alun Kota Depok, Kamis (06/04/23) sore.

Parade merupakan kegiatan yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Depok dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Kota Depok. Sekaligus rangkaian acara pada Calendar Of Event (COE) – Keriaan Depok (KEPO) Tahun 2023.

“Ini salah satu bentuk kegiatan Calendar of Event yang setiap bulan, April ini ada Parade, Mei ada Lebaran Depok jadi terus sampai Desember kita lakukan event-event yang meningkatkan pariwisata Kota Depok,” ujarnya dilansir dari laman resmi kota Depok.

Kiai Idris sapaan akrabnya mengatakan, kegiatan yang digelar tiga hari, 6 – 8 April 2023 ini menjadi salah satu upaya yang dilakukan Pemkot Depok untuk mengendalikan inflasi saat Ramadan dan menjelang Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah.

“Biasanya barang-barang naik saat Ramadan dan jelang Idulfitri, maka yang kami upayakan seperti pasar murah,” katanya.

Keberadaan puluhan stan yang ikut memeriahkan perhelatan Parade ini, dinilai dapat menjadi daya tarik pariwisata, yang berdampak pada laju pertumbuhan ekonomi daerah dan juga inflasinya.

Terdapat 40 stan Industri Kecil Menengah (IKM) binaan Dinas Perdagangan dan Perindustrian, 11 stan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perwakilan setiap kecamatan, dan 11 stan Kelompok Wanita Tani dan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) yang meramaikan Parade 2023.

“Kalau inflasi tinggi tak terkendali maka Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) juga rendah, sehingga pengusaha wisatawan profesional pasti mikir-mikir untuk melakukan kunjungan ke tempat tersebut,” jelas Kiai Idris.

“Alhamdulillah secara data riil pertumbuhan ekonomi Kota Depok sebesar 5,24 persen,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Kiai Idris juga meluncurkan Griya Pamer yang berada di area Alun-alun Kota Depok. Griya tersebut diciptakan sebagai etalase produk dari para pelaku usaha fashion dan craft di bawah binaan Dekranasda Kota Depok.

“Lewat Griya pamer, kami memfasilitasi pelaku IKM memamerkan produk-produknya, tidak harus semua (produknya), tapi sampel saja,” tuturnya.

Selain itu, ada juga pelatihan kemasan di rumah kemasan, ini menjadi salah satu upaya memberdayakan IKM agar mereka dapat mengemas produk dengan baik, sehingga produknya terlihat profesional.

“Produk IKM Depok juga sudah go internasional, contohnya perusahaan lapangan golf ternyata mobilnya berasal dari Kota Depok produksi dari Cimpaeun,” pungkasnya.

BACA JUGA:  MARGOCITY Hadirkan Kilau Raya Ramadhan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *