FKUI Edukasi Lansia dengan Komorbid Diabetes dan Hipertensi di Era Pandemi COVID-19

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Menjaga kesehatan lansia di masa pandemi COVID-19 sangatlah penting, terutama bagi lansia yang memiliki penyakit diabetes dan hipertensi, mengingat kedua penyakit tersebut merupakan komorbiditas pada penyakit COVID-19.

Berangkat atas kepedulian untuk mengedukasi masyarakat, Departemen Ilmu Farmasi Kedokteran, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), mengadakan seminar online sebagai bagian dari program Pengabdian Masyarakat (Pengmas) 2020.

Read More

Seminar yang berjudul “Tetap Sehat di Masa Pandemi COVID-19 pada Lansia dengan Diabetes dan Hipertensi” ini mengundang dua orang pakar yaitu Prof. Dr. dr Erni H. Purwaningsih, M.Si dan Dr. dr. Tri Juli Edi Tarigan, SpPD. KEMD.

Kegiatan edukasi online ini diikuti oleh 119 orang peserta lansia/keluarga lansia dengan diabetes dan hipertensi, serta disaksikan oleh 461 viewers di Youtube. Para peserta hadir dari seluruh penjuru Indonesia dan sangat antusias mengajukan pertanyaan kepada narasumber pada sesi tanya jawab.

“Kami berharap, kegiatan edukasi online ini mampu mendorong para lansia dengan diabetes dan hipertensi untuk dapat menjalankan hidup sehat, bahagia, serta tetap produktif selama masa pandemi COVID-19, terbebas dari banyak kekhawatiran,” ujar Rani Wardani Hakim, Apt., M.Biomed, Ketua Tim Pengmas Ilmu Farmasi Kedokteran FKUI.

Kegiatan diawali dengan paparan dari Dr Tj, panggilan akrab dr. Tri Juli, mengenai serba-serbi penyakit diabetes dan hipertensi pada lansia; serta bagaimana menjaga kedua penyakit tersebut tetap terkontrol selama masa pandemi COVID-19.

Kemudian, dilanjutkan dengan penjelasan dari Prof. Erni terkait penggunaan herbal yang dapat dikonsumsi secara aman oleh lansia untuk mencegah COVID-19.

Edukasi online ini ditutup dengan menguji pemahaman peserta melalui kuis virtual dan peserta yang beruntung mendapatkan souvenir dari panitia.

Tim pengabdi kegiatan pengmas kali ini adalah para staf dosen dari FKUI/RSCM yang terdiri dari Rani Wardani H, Apt; Desak Gede Budi K, Apt; dr. Adisti Dwijayanti, Dr. dr. Siti Farida;, dr. Tri Juli Tarigan, SpPD; Prof. Dr. dr Erni Purwaningsih serta dibantu oleh Refita Kusumaputri, ST dan Emi Lestari, Amd.

Kegiatan yang dilaksanakan akhir Oktober 2020 ini merupakan kolaborasi dengan Cluster e-Learning IMERI FKUI sebagai penyelenggara profesional kegiatan seminar online di lingkungan FKUI/RSCM, serta dukungan Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat UI (DPPM UI).

Related posts



banner 300300