Hari AIDS Sedunia, WPA Panmas Gelar Pemeriksaan Kesehatan

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Warga Peduli AIDS (WPA) Kecamatan Pancoran Mas (Panmas) menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi warga sekitar. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia yang jatuh setiap 1 Desember.

“Pemeriksaan kesehatan ini bertujuan untuk mendeteksi terjadinya peningkatan penyakit di kalangan masyarakat sehingga bisa dilakukan penanganan secara dini,” tutur Ketua WPA Kecamatan Pancoran Mas, Rosanah kepada berita.depok.go.id, di sela kegiatan tersebut di Klinik Bahar Medika, Kecamata Pancoran Mas, Rabu (01/12/21).

Rosanah menuturkan, sebanyak 200 warga mengikuti tes kesehatan tersebut. Pemeriksaan meliputi gula darah, kolesterol, asam urat, dan cek urine.

“Kami juga fasilitasi pemeriksaan VCT mobile untuk cek dini HIV/AIDS, dan IVA test untuk kanker serviks. Bila ada warga yang terkonfirmasi positif akan dibantu pendampingan selama masa pengobatan,”

Pemeriksaan kesehatan ini, lanjut Rosanah, berkolaborasi dengan berbagai pihak. Di antaranya Dinas Kesehatan Kota Depok, Puskesmas se-Kecamatan Panmas, Klinik Bahar Medika, RS Bunda Aliyah, Ikatan Bidan Indonesia Kecamatan Panmas, dan Bidan swasta.

“Selain pemeriksaan kesehatan kami juga berikan bantuan perlengkapan susu untuk keluarga Orang Dengan HIV/AIDS,” pungkasnya.

Related posts



banner 300300