Mudik? Begini Alur Sepeda Motor Naik Kapal di Pelabuhan Merak

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Polisi terus mengurai kemacetan kendaraan roda dua, kendati belum terjadi peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Banten. Untuk sepeda motor bisa menaiki kapal, terdapat beberapa langkah tahap yang harus mereka lewati.

Pertama, setelah tiba di kawasan Pelabuhan Merak, pengendara akan diarahkan pada lajur paling kanan yang memang dikhususkan untuk sepeda motor.

Read More

Selanjutnya, mereka akan melewati pos pengecekan tiket. Secara berurutan, satu per satu petugas mengecek kevalidan tiket yang pemudik bawa.

Kemudian, mereka akan diarahkan ke Pos Pembagian R2 atau kendaraan roda dua. Di sana, mereka diminta menunggu dan mematikan mesin kendaraan mereka.

“Setelah sudah ada 100 hingga 150 (sepeda motor) baru diarahkan ke dermaga,” kata Kapolsek Cibeber, Iptu Suhel, Kamis (28/4/2022).

Ia menjelaskan, perihal penunjukan dermaga bersifat situasional. Dermaga yang sudah kosong dari antrean, maka pemudik akan diarahkan ke dermaga tersebut dengan pengawalan polisi.

“Untuk menghindari kecelakaan,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui, meski belum terjadi peningkatan pemudik sepeda motor, jenis kendaraan lain sudah mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Setelah berada di dermaga, mereka akan menunggu kapal bersandar dan bongkar muatan. Setelah itu selesai, mereka diperbolehkan untuk menaiki kapal.

Related posts



banner 300300