Sambangi Bayi Penderita Kelainan Genetik, Idris: Kami Bantu Semaksimal Mungkin

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Wali Kota Depok, Mohammad Idris menyambangi Alifah Fitriani, bayi yang mengalami kelainan genetik sejak lahir.

Mohammad Idris mengunjungi langsung kediaman Widi Asri Bintoro orang tua dari Alifah di Kampung Areman RT 02 RW 08 Bukit Cengkeh, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, Jumat (10/12/21).

Read More

“Kami akan bantu semaksimal mungkin,” kata Mohammad Idris di sela-sela kunjungannya.

Lebih lanjut, Mohammad Idris menyampaikan, sakit yang diderita Alifah sudah diketahui sejak bayi tersebut dilahirkan pada 6 Mei 2021. Bayi Alifah mengalami kelainan genetik, di mana terjadi perubahan sifat dan komponen dalam gen, sehingga menimbulkan penyakit di kaki, paha dan langit-langit mulut.

“Saat ini dalam proses pengobatan di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta. Rujukan dari faskes di Puskesmas Tugu. Selama pengobatan di RSCM itu, bayi Alifah menggunakan BPJS Kesehatan kelas 3. Tapi memang ada beberapa pengobatan yang tidak tercover BPJS Kesehatan, yakni tes kromosom,” tutur Mohammad Idris.

Oleh karena itu, ujar Mohammad Idris, Pemerintah Kota (Pemkot) akan memberikan bantuan operasional kepada bayi Alifah untuk sejumlah kebutuhannya, seperti melengkapi nutrisi dan gizi. Dirinya pun berencana memasukkan bayi Alifah ke dalam Kartu Depok Sejahtera (KDS) yang merupakan program prioritas bagi warga prasejahtera di Kota Depok.

“Kami akan masukkan ke dalam KDS, nanti pihak kelurahan setempat akan melakukan verifikasi untuk pengajuannya,” tuturnya.

Dikatakan Mohammad Idris, atas saran dan arahan dari RSCM, bayi Alifah harus melakukan tes kromosom. Tes ini tidak dicover BPJS Kesehatan, di samping biaya mahal, RS di Indonesia masih langka untuk hal tersebut.

“Kami harap Kementerian Kesehatan (Kemenkes) membantu bayi Alifah memberi perhatian, di samping bantuan sosial (bansos) dari APBD Depok. Ujian Hidup adalah rahasia Allah kita ikhtiar, doa kesabaran kesembuhan,” tutur Mohammad Idris seraya mengucap doa untuk kesembuhan bayi Alifah.

Di tempat yang sama, Camat Cimanggis, Abdul Rahman mewakili orang tua bayi Alifah mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Depok, Mohammad Idris yang sudah memberikan doa, dukungan dan arahan untuk pengobatan putri mereka. Wali Kota Depok, sambung Abra, sapaan akrabnya, juga memberikan bantuan berupa uang untuk keperluan sehari-hari bayi dengan kelainan genetik tersebut.

“Terima kasih Bapak Wali Kota Depok Mohammad Idris yang telah memberikan doa, support dan arahan serta bantuan kepada ananda Alifah Fitriani, bayi penderita kelainan genetik di RT 02 RW 08 Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis,” tutur Abra.

“Semoga bayi Alifah cepat sembuh dan menjalani kebiasaan seperti anak-anak yang lain. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih Pak Wali Kota Depok, mudah-mudahan bapak diberikan kesehatan, umur panjang, dan banyak rezeki,” pungkasnya.

Related posts



banner 300300