HeadlineHumaniora

DP3AP2KB Depok Perkuat Petugas Lapangan PEKKA

47
×

DP3AP2KB Depok Perkuat Petugas Lapangan PEKKA

Sebarkan artikel ini
Kegiatan Rakor bersama puluhan PL PEKKA yang ada di Kota Depok di Gedung Balatkop, Kecamatan Sukmajaya, Selasa (06/12/24). (Foto: Diskominfo Depok).

WartaDepok.com – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok terus berupaya memperkuat keberadaan Petugas Lapangan (PL) Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) yang ada di Kota Depok.

Upaya tersebut salah satunya dengan melakukan rapat koordinasi (Rakor) perdana bersama dengan puluhan PL PEKKA, mulai dari tingkat kota hingga kelurahan.

Kepala DP3AP2KB Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan Rakor itu bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan, kemandirian ekonomi dan kualitas hidup anggota kelompok PEKKA.

Selain itu juga untuk memperkuat peran PL PEKKA di tingkat Kota dan kecamatan, serta ketua kelompok PEKKA di tingkat kelurahan dalam kegiatan pemberdayaan perempuan kepala keluarga.

“Rakor juga untuk melakukan sosialisasi dan persiapan pelaksanaan Program 1.000 Perempuan Pengusaha Tahap ke-3. Dan juga persiapan untuk melakukan kajian terkait PEKKA,” ucapnya dilansir melalui laman resmi Pemkot Depok.

Dikatakannya, Rakor diadakan diawal tahun bertujuan untuk mengevaluasi kerja-kerja para PL PEKKA, sekaligus memetakan kesulitan dan tantangan apa saja yang dihadapi agar dapat diselesaikan atau dicari penyelesaiannya.

“Yang penting juga terkait Program 1.000 Perempuan Pengusaha Tahap ke-3 itu yang bekerja sama dengan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro (DKUM), tahun 2022 kami sudah mengirim 350 anggota PEKKA. Tahun 2023 juga 350 anggota dan tahun ini juga akan dikirimkan 350 peserta lagi,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan Dan Pengarusutamaan Gender (PPUG) DP3AP2KB Kota Depok, Muchamad Zakkya Fauzan mengatakan rakor awal tahun ini juga untuk memberikan semangat kepada PL Pekka.

“DP3AP2KB juga rutin memberikan peningkatan kapasitas baik bidang tata boga. PL PEKKA juga bertugas untuk memberikan pendampingan dan motivasi kepada anggotanya. Kami ada aplikasi untuk menginput mereka, di Kota Depok anggota kurang lebih sebanyak 11 ribu sudah lengkap data nya baik yang memiliki usaha ataupun belum,” katanya.

Terakhir, dengan program yang sesuai, dirinya berharap pihaknya bisa melalukan berbagai intervensi yang tepat untuk meningkatkan derajat hidup anggota PEKKA sesuai potensi mereka.

“PL PEKKA Kota Depok terdiri dari 1 PL PEKKA tingkat Kota Depok, 11 PL PEKKA tingkat Kecamatan se-Kota Depok, dan 63 Ketua Kelompok PEKKA tingkat Kelurahan se-Kota Depok,” ungkapnya.

“Rakor ini diisi dengan ceramah, paparan materi, diskusi dan penyusunan rencana tindak lanjut. Diharapkan Rakor ini dapat menjadi momentum penting dalam meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan perempuan kepala keluarga di Kota Depok,” tutupnya.

BACA JUGA:  Prakiraan Cuaca Depok Hari Ini, Selasa 23 Juli 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *