FIK UI Luncurkan Program Pantai Bersih Sehat Asri melalui Gerakan Remaja Sadar Sampah

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Sivitas akademika Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) kembali melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (pengmas) melalui program bertajuk Kawasan Pantai Berseri (Bersih, Sehat, dan Asri) berkat remaja sadar sampah.

Kegiatan pengmas yang diinisiasi oleh Ns. Poppy Fitriyani, M.Kep., Sp.Kep.Kom (Dosen FIK UI) ini dilaksanakan di Desa Sukarame Pandeglang, tepatnya di pantai pasir putih, pada tanggal 27 dan 28 November 2020.

Read More

Sebanyak 24 remaja Desa Sukarame berpartisipasi pada kegiatan ini. Para remaja tersebut diarahkan untuk membersihkan kawasan pantai dari sampah dan memilah sampah organik dan anorganik.

Mereka juga memberikan edukasi tentang pengelolaan sampah organik dan anorganik pada masyarakat pantai (pedagang, nelayan, dan wisatawan).

Menurut Poppy, latar belakang aksi pengmasnya didasarkan atas kurangnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah yang menyebabkan lingkungan pantai menjadi kotor dan tidak terawat.

Hal ini menyebabkan menurunnya angka kunjungan wisata ke Kawasan pantai dan ditambah juga akibat tsunami pada 22 Desember 2018 dan pandemi COVID-19.

“Tsunami yang terjadi di Selat Sunda akhir tahun 2018 meluluhlantakan dataran yang ada di sekitar pantai Pandeglang, setidaknya 556 rumah rusak, sembilan hotel rusak berat dan 60 warung hancur sehingga mengakibatkan rusaknya lingkungan pada daerah tersebut. Dampak kerugian yang ditimbulkan sangat terasa pada sektor wisata.

Ditambah lagi kesadaran masyarakat yang rendah dalam mengelola pantai menjadi salah satu faktor penyebab pantai di daerah Pandeglang cenderung kotor dan tidak terawat,” ujar Poppy.

Oleh sebab itu, Poppy dan tim mulai memberdayakan masyarakat – khususnya remaja dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mengenai pemilahan sampah, serta keinginan untuk menjaga lingkungan.

Tim pengabdi menawarkan solusi program pelatihan terkait kebersihan diri dan lingkungan, penyuluhan tentang pemilahan sampah organik dan non organik, kampanye remaja tentang sampah ke penduduk dan para pedagang sekitar kawasan pantai, dan implementasi peran remaja sadar sampah.

Target program adalah terbentuknya lingkungan di daerah pesisir pantai yang bersih, sehat dan asri melalui kepedulian remaja sehingga pada akhirnya minat wisatawan untuk berkunjung ke pantai meningkat.

Rangkaian kegiatan yang dijalankan juga turut menyertakan penyuluhan tentang COVID-19, Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan tata cara memilah sampah.

Selain dibekali dengan pengetahuan, remaja sadar sampah juga melakukan praktik langsung kampanye pantai berseri di Kawasan pantai.

Tim Pengmas FIK UI melibatkan para remaja untuk dilatih agar dapat menjadi agent of change serta meneruskan aksi yang telah digagas oleh para dosen keperawatan UI.

Remaja menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat positif dimana remaja dapat mengetahui tentang PHBS di tempat umum dan cara pemilahan sampah untuk membantu menyelesaikan masalah kesehatan lingkungan di sekitar pantai.

Selain itu, remaja juga berharap melalui kegiatan ini remaja dapat membantu dalam mengubah perilaku masyarakat untuk lebih sadar terhadap kebersihan lingkungan terutama tentang pemilahan sampah.

Adapun tim pengmas FIK UI penggagas Program Pantai Berseri ini adalah Ns. Poppy Fitriyani, M.Kep., Sp.Kep.Kom (Ketua); Ns. Ice Yulia Wardani,.M.Kep.,Sp.Kep.J; Ns. Utami, M.Kep., Sp.Kep.Kom beserta mahasiswa program sarjana keperawatan FIK UI. Kegiatan ini terselenggara atas dukungan dari Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat (DPPM UI).

Related posts



banner 300300