Qurban ASIH Masjid UI, Metode Qurban Percontohan Masa Pandemi

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Masjid UI Depok menyelenggarakan pemotongan hewan qurban Idul Adha 1442H di Saung Abah, Kp. Perigi, Bedahan, Sawangan, 21 Juli 2021, sebanyak 6 sapi dan 11 kambing/domba.

Berbeda dengan kebanyakan Masjid yang melakukan pemotongan hewan qurban, tampak petugas jagal dan pencincangan menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap yakni masker, gloves, sapron, harnet, dan helm.

Read More

Menurut Abdur Rahman, Ketua Masjid UI Depok, “Qurban diselenggarakan dengan menerapkan prinsip-prinsip higiene, sanitasi, dan ergonomi secara Aman, Sehat, Ihsan, dan Halal (ASIH) guna memenuhi persyaratan halal, kesehatan masyarakat veteriner, dan kesejahteraan hewan yang diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian No. 114/Permentan/PD.410/9/2014 tentang Pemotongan Hewan Kurban. Serta Surat Edaran yang telah dikeluarkan Kementan, Kemenag, dan Wali Kota Depok tentang penyelenggaraan hewan di masa pandemi.”

Dari arahan K3L UI, Äldy, “APD merupakan perlengkapan yang diperlukan untuk keselamatan kerja. Di masa pandemi ini agar setiap panitia agar tidak memaksakan diri dalam bekerja. Qurban ASIH ”

Hadir meninjau dalam kegiatan tersebut Lurah Bedahan dan Camat Sawangan beserta perangkat masyarakat setempat. “Kami menyambut penyelenggaraan qurban ASIH oleh Kampus UI di wilayah kami yang aman dan sesuai protokol kesehatan. Semoga ke depan bisa berlanjut terus dan menjadi percontohan oleh DKM-DKM lain di Kota Depok.” Ujar Hasan, Lurah Bedahan.

Masjid Ukhuwah Islamiyah UI menggandeng Sahabat Siap Selamat, perkumpulan relawan yang fokus pada pengurangan risiko bencana, sebagai mitra penyelenggara yang mempersiapkan teknis dan mobilisasi masyarakat dan relawan setempat.

Hewan yang dipotong merupakan amanah dari shahibul qurban beberapa diantaranya BSI Cab. UI, BNI Cab. UI, UI, Dekan FEB UI, Ketua Iluni UI dan jama’ah Masjid UI dengan target penyaluran karyawan konbor UI dan masyarakat Depok.

Related posts



banner 300300