TPA Cipayung Kian Darurat, Begini Kondisinya Sekarang

  • Whatsapp
Irwan Supriyadi/WartaDepok.com. Aktivitas pembuangan sampah di TPA Cipayung, Depok.

WartaDepok.com – Rencana pembuangan sampah ke TPA Nambo di Kabupaten Bogor, Jawa Barat harus segera direalisasikan. Pasalnya, kondisi TPA Cipayung sudah lagi tak memungkinkan untuk menampung sampah.

Kepala Unit Pelaksanaan Teknis Tempat Pembuangan Akhir (UPT TPA)  Cipayung, D Ardan Kurniawan mengatakan, sampah yang ada di TPA sudah over kapasitas atau kelebihan daya tampung .

Read More

Sebab, ia mengatakan jumlah sampah dari warga Depok yang dibuang di TPA Cipayung setiap hari mencapai 850 sampai 900 ton .

“Setiap hari ratusan ton sampah masuk ke TPA, ketinggian gunung sampah saat ini di TPA Cipayung mencapai 25 meter ,” kata Ardan kepada WartaDepok.com, Selasa (23/7).

Maka dari itu sambung Ardan, untuk mengurangi pembuangan sampah ke TPA Cipayung masyarakat dihimbau untuk melakukan pemilahan sampah organik dan non organik.

“Pemilahan sampah rumah tangga organik bisa diserahkan ke pengolahan sampah yang ada dan non organik disalurkan ke bank sampah, jadi sampah yang ke TPA bisa berkurang. Kami (Pemkot Depok) masih menunggu bisa buangan sampah ke TPA Regional Lulut-Nambo, “ulasnya.

Melihat kondisi TPA Cipayung sudah melebihi kapasitas, Ardan meminta kepada para pakar lingkungan untuk membantu mengatasi TPA yang sudah mergency atau melebihi kapasitas.

“Kami harap warga Depok bisa memilah sampah rumah tangga, seperti memilah sampah organik  dan non organik,” kata dia.

Perlu diketahui bahwa Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil telah memberikan lampu hijau kepada Pemerintah Kota Depok untuk bisa membuang sampah ke TPA Regional Lulut-Nambo di Kabupaten Bogor.

Emil-sapaannya- memastikan jika Pemkot Depok sudah bisa membuang sampah ke TPA Regional Lulut-Nambo dalam waktu dekat ini.

Pertimbangannya, lanjut Emil, kondisi TPA Cipayung sudah tak memungkinkan.

“Buang sampah dari Depok  ke Nambo sudah ada izin dari saya, tapi ini kan tempatnya di Bogor. Jadi teknisnya harus ketok pintu dulu ke Bupati Bogor Ade Yasin ,” ucap Ridwan Kamil ketika berkungjung ke Depok pekan lalu.

Adapun maksud ‘ketok pintu’ ke Bupati Bogor, jelas Ridwan Kamil, yakni soal Amdal karena membuang sampah ke TPA Nambo ini melintasi jalan Bogor.

Sekalipun demikian, dalam bulan ini teknisnya sudah aman dan bisa di buang ke TPA Regional Lulut- Nambo.

“Bisa dibuang ke Nambo tergantung teknisnya, pengolahan pembuangan sampah ini ini sifatnya emergency bisa dibuang ke sana,” tandasnya.(wan/WD)

Related posts



banner 300300