HeadlineHumaniora

Upaya Nachrowi Perkuat Pemberdayaan Pemuda dan Kearifan Lokal di Lahan YPKC

175
×

Upaya Nachrowi Perkuat Pemberdayaan Pemuda dan Kearifan Lokal di Lahan YPKC

Sebarkan artikel ini

WartaDepok.com – Yayasan Pendidikan Kesehatan Carolus (YPKC) memberdayakan keberadaan pemuda lingkungan sebagai bentuk kearifan lokal, terkait keberadaan lahan YPKC di Jalan Tole Iskandar RT 03/15 Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok.

Pembina Lapangan lahan YPKC, Nachrowi mengungkapkan saat ini sudah ada sekitar 15 pemuda dari lingkungan yang diberdayakan, dalam hal pemanfaatan lahan YPKC.

“Lahan YPKC yang memiliki luas sekitar 2 hektare ini status dalam keadaan aman dan tidak ada persoalan di lapangan, karena pemuda Depok yang diberdayakan merasa ikut memiliki sehingga ikut menjaga keamanan, kebersihan, dan kenyamanan lahan YPKC,” ujar Nachrowi yang juga Tokoh Pemuda Depok, belum lama ini.

Dengan diberdayakannya pemuda lingkungan, lanjut Nachrowi, YPKC telah ikut serta dalam mendukung pemerintah terkait upaya mengurangi angka pengangguran.

“Para pemuda ini diberdayakan dalam berbagai aspek, seperti pelatihan security dan berkebun. Saat ini, sudah ada yang diangkat sebagai security di YPKC pusat. Untuk berkebun, yang ditanam adalah sayuran seperti kangkung dan bayam,” ujar Nachrowi.

Lebih lanjut, nantinya hasil dari berkebun ini ada yang dimanfaatkan untuk konsumsi sendiri dan dijual, sehingga bisa menambah pemasukan untuk keluarga.

“Kegiatan berkebun ini juga sejalan dengan program ketahanan pangan yang digaungkan oleh Pemerintah. Di sini, kita memanfaatkan lahan sesuai dengan izin dari YPKC untuk hal yang bernilai ekonomi,” katanya.

Dirinya berharap keberadaan YPKC bisa terus menebar manfaat untuk masyarakat di sekitar.

“YPKC ingin menjadi bagian dari upaya memajukan Kota Depok, khususnya lingkungan sekitar,” tutupnya.

(Bambang banguntopo)

BACA JUGA:  PT Translingkar Kita Jaya Siapkan Layanan Maksimal di Tol Sambut Mudik Lebaran 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *