Nama Imam Budi Hartono Banyak Dibicarakan di Dunia Maya

  • Whatsapp

WartaDepok.com – Nama calon wakil wali kota Depok Imam Budi Hartono nyatanya menjadi tertinggi dalam pengoptimalan mesin telusur Google atau Search Engine Optimization (SEO).

Pasalnya, hingga Jumat (16/10/2020) malam, nama Imam Budi Hartono dalam kolom pencarian Google tertera angka 642.000 pencarian.

Read More

Angka ini berbanding jauh dengan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Depok dari Partai Gerindra dan PDI Perjuangan yaitu Pradi Supriatna dan Afifah Alia.

Dari data mesin pencari Google, nama Pradi hanya tercatat 120.000 pencarian, sedangkan pasangannya yakni Afifah hanya 273.000 pencarian.

Sementara nama Mohammad Idris jauh melambung tinggi di angka 6.340.000 (6,3 juta lebih) pencarian.

Bahkan bila kata kunci pencariannya digabungkan menjadi Idris Imam, maka mesin pencari Google menunjukan jumlah fantastis sebanyak 7.110.000 (7,1 juta lebih) pencarian.

Sedangkan untuk kata kunci Pradi-Afifah, mesin pencarian menunjukan angka 170.000.

Tingginya SEO mengartikan bahwa nama Imam Budi Hartono paling banyak dibicarakan, begitu juga dalam pemberitaan sejumlah media daring atau online.

Data ini menjadi hal yang wajar, sebab, sebagai politisi yang telah berkecimpung di parlemen selama 20 tahun atau lima periode yakni dua periode di DPRD Kota Depok dan tiga periode di DPRD Provinsi Jawa Barat, Imam kerap diberitakan oleh sejumlah media.

Terlebih, pria yang menjabat anggota DPRD Kota Depok pada periode 1999-2009 ini mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Depok 2020.

Sudah tentu nama Imam selalu masuk dalam pemberitaan baik dikalangan media lokal maupun media arus utama (mainstream) lainnya.

“Alhamdulilah, ya tentunya saya sebagai orang yang memang lama di parlemen selalu berkomunikasi dengan sejumlah media perihal kerja-kerja yang saya lakukan di parlemen,” papar Imam.

Apalagi, sebelum maju menjadi calon kepala daerah mendampingi Mohammad Idris, jebolan Sarjana Teknik Kimia Universitas Indonesia (UI) ini terdaftar sebagai Ketua Komisi IV Bidang Pembangunan di DPRD Provinsi Jawa Barat.

Sebagai anggota parlemen, Imam kerap mengkritisi kinerja Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, utamanya saat penilaian atas Rancangan Pembangunan Jangka Pendek (RPJP) yang dilakukan Ridwan Kamil selama menjabat sebagai orang nomor satu di Jawa Barat.

“Semoga saja ini menjadi langkah yang baik bahwa saya sebagai calon wakil wali kota Depok dapat terus memberikan informasi-informasi kepada media untuk diketahui oleh masyarakat terkait apa saja yang saya lakukan untuk Kota Depok,” kata Imam yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Karang Taruna Jawa Barat sejak 10 tahun lalu ini.

Sementara itu, IT Specialist Fusi Foundation Universitas Indonesia Ahmad Fitrianto mengatakan, hasil pencarian dengan kata kunci tersebut, menandakan Idris-Imam paling banyak dibicarakan di dunia maya.

“Artinya memang nama Idris, Imam, atau Idris-Imam popular di dunia maya dibandingkan dengan nama Pradi ataupun Afifah,” tutur Ahmad.

Menurut Ahmad, munculnya angka ratusan ribu atau bahkan jutaan itu pun diakui Ahmad bisa berasal dari seringnya kata kunci dalam hal ini Idris-Imam digunakan dalam dunia maya.

Seperti pada pemberitaan di media online ataupun sosial media seperti Twitter, Instagram, Youtube, dan lainnya.

Sedangkan rendahnya angka dari kata kunci Pradi-Afifah, Ahmad menduga hal tersebut lantaran kedua nama itu jarang diberitakan ataupun jarang dibicarakan di dunia maya sehingga popularitasnya sedikit bahkan jauh dari Idris-Imam.

“Nanti bisa di break down lagi dari sekian banyak itu, banyaknya kata kunci itu digunakan di mana, apakah di Facebook, tapi biasanya sih di Twitter,” kata Ahmad.

Ahmad pun menegaskan bahwa angka yang tertera di mesin pencari Google tersebut tidak bisa di manipulasi atau di rekayasa.

“Ngga bisa dimanipulasi karena algoritmanya sudah sangat rigid oleh Google,” tutur Ahmad.

Related posts