HeadlineHumaniora

Sistem Gate Parkir Jalur Lambat Alun-Alun Depok Tuai Gejolak, Ini Kata BKD Depok

38
×

Sistem Gate Parkir Jalur Lambat Alun-Alun Depok Tuai Gejolak, Ini Kata BKD Depok

Sebarkan artikel ini

WartaDepok.com – Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Depok Wahid Suryono angkat bicara perihal pertanyaan masyarakat tentang status bahu jalan lambat Alun -Alun GDC yang dibuat sistem e-parkir gate.

Ia mengatakan, bahwa jalur lambat yang digunakan sebagai lahan parkir tersebut memang sudah dialihfungsikan pemanfaatannya sejak tahun 2023.

“Statusnya itu memang bukan lagi untuk jalan, tapi parkir. Sejak tahun lalu (2023-red) sudah diperuntukkan lahan parkir, sebelum digunakan. Biar rapi, karena sering membludak, biar nggak berantakan,” tuturnya.

Area parkir di Alun-alun GDC memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat tingginya angka kunjungan masyarakat, yang menyebabkan kerap membludaknya kendaraan pengunjung.

“Area parkir di jalur lambat Alun-Alun GDC memang dibutuhkan masyarakat, mengingat tingginya angka kunjungan masyarakat,” ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, elemen masyarakat mempertanyakan lokasi tersebut seharusnya menjadi ruang milik jalan umum. Namun, jalan itu justru dibuat sistem e-parkir gate.

“Saya pertanyakan kenapa jalur lambat di Alun Alun GDC itu dibuat sistem e-parkir gate. Seharusnya akses itu menjadi ruang milik jalan umum,” ujar Nachrowi tokoh masyarakat Kota Depok.

Tak hanya itu, Nachrowi juga mempertanyakan aturan yang mengatur terkait pengalihan fungsi fasos menjadi tempat parkir di bahu jalan lambat depan Alun Alun GDC Depok.

“Sejauh mana peraturan UU, PP, Perda, Perwal atau aturan hukum lainnya yang mengatur terkait alih fungsi ruang milik jalan. Apakah ada unsur perdata atau pidana, jika dengan sengaja mengalihkan fungsi jalan umum. Kondisi ini akan kami pertanyakan terus, alasan keberadaan sistem e-parkir gate di Alun Alun GDC kepada pihak terkait,” tegasnya.

Sementara itu, Yusuf salah satu pengguna jalan juga merasa heran dengan keberadaan sistem e-parkir gate yang dibangun di bahu jalan lambat Alun Alun GDC. Menurutnya, jalan tersebut seharusnya milik jalan umum dan tidak berbayar.

“Depan Alun Alun itu kan jalur lambat milik jalan umum, kenapa dibangun sistem e-parkir gate yang berbayar,” tutupnya.

(Bambang banguntopo)

BACA JUGA:  Lokasi SIM Keliling Depok Hari Ini, Kamis 18 April 2024

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *